Kementerian PUPR Bangun Tahap Dua RS Darurat Wisma Atlet

Kementerian PUPR Bangun Tahap Dua RS Darurat Wisma Atlet
Ilustrasi RS Darurat Corona, Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan untuk fasilitas darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara.

Dalam pembangunan tahap dua RSD Wisma Atlet yaitu tower enam untuk menjadi rumah sakit dan menambahkan tiga tower, yaitu tower dua, empat dan lima sebagai pendukung dari RSD Covid-19.

Mulai dari Blok-D1 yang berjumlah lima tower terdiri dari tower dua yang diperuntukkan dokter dan tenaga medis berkapasitas 886 unit, tower tiga menjadi sterilisasi dokter dan tenaga medis berkapasitas 650 unit, tower empat diperuntukkan ruang rawat inap berkapasitas 650 unit dan tower enam yang ditingkatkan fungsinya dari ruang Rawat Inap menjadi RSD.

Tower enam lantai satu akan dibangun ruang instalasi gawat darurat, lantai dua dibangun ruang ICU, dan lantai tiga sebagai ruang pemulihan.

Dalam site plan RSD Wisma Atlet Kemayoran, 24 lantai lainnya di tower enam akan digunakan sebagai ruang isolasi pasien.

Tahap ini menjadi poin penting karena pembangunannya harus diperhatikan guna menghasilkan ruangan dengan tekanan negatif.

“Tower enam ini spesifik, karena membuat ruangan negative pressure atau ruangan tekanan negatif yang butuh kecermatan dan teknik tersendiri,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan yang diterima, Selasa (26/5).

Lanjut ke Blok C-2 yang terdapat total tiga tower, yaitu tower satu dengan peruntukkan dokter dan tenaga medis berkapasitas 524 unit, tower dua peruntukkan ruang rawat inap dengan kapasitas 884 unit dan tower tiga peruntukkan ruang rawat inap berkapasitas 524 unit.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan untuk fasilitas darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News