Kemnaker Bentuk Tim Substansi G20 EWG 2024, Ini Harapan Sekjen Anwar Sanusi

Kemnaker Bentuk Tim Substansi G20 EWG 2024, Ini Harapan Sekjen Anwar Sanusi
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi (kanan) saat membuka rapat koordinasi penyusunan bahan posisi Pemerintah RI dan penyelenggaraan pertemuan the 1st G20 EWG Presidensi Brasil 2024 di Jakarta, Senin (19/2). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) membentuk Tim Substansi Pemerintah RI untuk G20 Employment Working Group (EWG).

Perwakilan beberapa unit teknis di Kemnaker dan didukung lintas sektor kementerian/lembaga tergabung dalam tim substansi yang dibentuk untuk mengoptimalkan eksistensi pemerintah dalam pertemuan-pertemuan G20 EWG 2024.

"Pertemuan tim substansi hari ini juga sebagai pemantapan kesiapan Indonesia dalam penyusunan bahan posisi pemerintah dalam rangka menghadiri pertemuan the 1st G20 EWG Presidensi Brasil 2024, " kata Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi.

Sekjen Anwar menyampaikan hal itu saat membuka rapat koordinasi penyusunan bahan posisi Pemerintah RI dan penyelenggaraan pertemuan the 1st G20 EWG Presidensi Brasil 2024 di Jakarta, Senin (19/2).

Dia berharap Tim Substansi G20 Kemnaker yang telah ditunjuk memiliki kualitas dan kapasitas dapat bekerja secara sungguh-sunguh dan terus mendukung dalam hal penyiapan substansi dan modalitas pemerintah selama Presidensi G20 Brasil 2024.

"Bukan hanya untuk persiapan pertemuan the 1st G20 EWG terdekat, tetapi juga untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya hingga pertemuan tingkat Menteri nanti," harapnya.

Sekjen Anwar Sanusi menambahkan dengan berakhirnya Presidensi G20 India pada September 2023, dan dimulainya Presidensi G20 Brasil sejak 1 Desember 2023 lalu menandai berakhirnya Indonesia sebagai Anggota Troika G20.

"Namun, meskipun keanggotaan Indonesia sebagai Troika telah berakhir, kita tetap harus memastikan hasil pencapaian (expected outcome) Presidensi G20 Indonesia dapat dilanjutkan untuk diimplementasikan di Presidensi G20 Brasil, khususnya dalam bidang ketenagakerjaan," kata Sekjen Anwar.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi menyampaikan sejumlah harapan dengan terbentuknya Tim Substansi G20 EWG 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News