Kemnaker Gelar Business Meeting Pengembangan SDM Pariwisata, Ini Harapan Sekjen Anwar Sanusi

Kemnaker Gelar Business Meeting Pengembangan SDM Pariwisata, Ini Harapan Sekjen Anwar Sanusi
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi hadir dalam kegiatan Business Meeting Pengembangan SDM Sektor Pariwisata yang berlangsung di Jakarta pada Rabu (27/3). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan melalui Pusat Pasar Kerja (Pasker ID) menggelar Business Meeting Pengembangan SDM Sektor Pariwisata di Jakarta pada Rabu (27/3).

Pertemuan yang diikuti stakeholders bidang pariwisata ini bertujuan melakukan job matching pada sektor pariwisata.

"Melalui forum ini, kami berharap seluruh peserta dapat berkomunikasi secara efektif agar terwujud pemahaman bersama terkait kebutuhan tenaga kerja sektor pariwisata dan tantangan pemenuhannya," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Anwar Sanusi dalam keterangan resminya, Rabu (27/3).

Sekjen Anwar Sanusi mengatakan Kemnaker telah memproyeksikan kebutuhan tenaga kerja di sektor pariwisata, baik sektor perhotelan dan restoran maupun non-perhotelan untuk 2022-2025.

Untuk perhotelan sendiri diproyeksikan kebutuhan tenaga kerja tahun 2024 sebanyak 8.559.378, dan 2025 sebanyak 8.608.484.

Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan SDM pariwisata tersebut, Kemnaker telah menghadirkan Pasker ID.

Unit kerja ini akan bekerja sebagai Sistem Informasi Pasar Kerja (SIPK) atau Labour Market Information System (LMIS) yang melakukan fungsi job matching tersebut.

"Kehadiran Pasker ID ini sekaligus upaya kami mewujudkan mimpi Indonesia memiliki Labour Market Information System atau Sistem Informasi Pasar Kerja yang berkelas dunia," ujarnya.

Ini harapan Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi atas diselenggarakannya Business Meeting Pengembangan SDM Sektor Pariwisata di Jakarta pada Rabu (27/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News