Kemnaker Gencar Tingkatkan Kompetensi Calon Pekerja

Kemnaker Gencar Tingkatkan Kompetensi Calon Pekerja
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Foto: dok Kemenaker

jpnn.com - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus meningkatkan kompetensi pencari kerja.

Peningkatan itu dilakukan melalui berbagai pelatihan vokasi baik yang dilakukan Pemerintah maupun swasta.

“Peningkatan kompetensi calon pekerja ini yang sedang kita lakukan,” ucap Menaker Ida saat menerima audiensi PT Grab Teknologi Indonesia secara virtual, Jumat (22/10).

Menaker Ida menambahkan, pihaknya gencar melakukan peningkatan kompetensi calon perkerja, mengingat dalam profil ketenagakerjaan didominasi pencari kerja yang berpendidikan SMP ke bawah dan skill terbatas.

Sehingga pada akhirnya produktivitas mereka pun terbatas.

“Padahal kita akan punya bonus demografi, yakni usia produktifnya dominan 70 persen, dan menjadi tidak baik kalau tidak diikuti oleh kompetensi yang belum memiliki daya saing,” ujarnya.

Menurut dia, pelatihan vokasi dipilih karena Pemerintah tidak bisa memaksakan orang yang bukan lagi usia kerja untuk kembali mengikuti pendidikan.

Dalam mewujudkan pencari kerja yang kompeten, Kemnaker terus menggencarkam pembangunan BLK Komunitas di tengah-tengah masyarakat.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus meningkatkan kompetensi pencari kerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News