Kemnaker Kembali Gelar Pelatihan Peracik Kopi Profesional

Kemnaker Kembali Gelar Pelatihan Peracik Kopi Profesional
Kemnaker mengadakan inkubasi bisnis pelatihan barista (peracik kopi) profesional di BBPPK dan PKK Lembang. Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, LEMBANG - Kementerian Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung mengadakan inkubasi bisnis pelatihan barista (peracik kopi) profesional di Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK dan PKK) Lembang.

Selain untuk mempopulerkan kembali kopi lokal asal Lampung, pelatihan barista ini juga memberikan bekal dasar kepada para peserta yang ingin menjadi barista andal dan membuka wirausaha mandiri.

Kepala Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja ( BBPPK dan PKK) Nana Mulyana mengatakan melalui pelatihan barista ini, pemerintah terus mendorong agar peserta pelatihan barista berani memulai wirausaha dengan membuka kafe dan kedai kopi.

“Selain memberikan pelatihan barista professional, kita juga mendorong tumbuhnya wirausaha-wirausaha muda yang berani mengembangkan bisnis kopi di berbagai daerah,” kata Kepala BBPPK dan PKK Nana Mulyana dalam keterangan pers Biro Humas Kemnaker di Jakarta pada Senin (26/11).

Nana mengatakan dengan tumbuhnya wirausaha di bisnis kopi ini diharapkan dapat mempercepat pengurangan angka pengangguran dan memperbanyak kesempatan kerja bagi generasi milenial.

“Pelatihan barista semakin diminati seiring berkembangnya industri kopi dan mewabahnya kafe dan kedai kopi di Indonesia. Hal itu memberi peluang kerja sebagai barista yang menjadi sebuah profesi baru yang cukup menjanjikan,” kata Nana.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab Pesisir Barat Kasmir menambahkan selama ini kopi lampung menjadi salah satu kopi jenis robusta asal Indonesia yang sudah cukup dikenal para pecinta kopi, dari dalam dan luar negeri. Bahkan Lampung juga dikenal sebagai salah satu kawasan penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia.

“Kita ingin terus mempromosikan kenikmatan kopi Lampung yang sudah terkenal dengan memperbanyak jumlah barista-barista professional yang berasal dari Lampung. Kita juga berharap industri pengolahan kopi semakin maju dan berkembang,” kata Kasmir.

Selain mempopulerkan kembali kopi lokal asal Lampung, pelatihan barista juga memberikan bekal dasar ke peserta yang ingin menjadi peracik kopi andal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News