Kemnaker Meluncurkan SKKNI Bidang Kecantikan, Ini Manfaatnya

Kemnaker Meluncurkan SKKNI Bidang Kecantikan, Ini Manfaatnya
Menaker Ida Fauziyah. Foto: Kemenaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meluncurkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Kecantikan, SPA dan Pemandu Karaoke di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi, Jawa Barat, Rabu (8/12).

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan pemerintah memerlukan tenaga kerja yang kompeten di berbagai daerah, termasuk di bidang kecantikan, Spa dan pemandu
karaoke.

Langkah itu sebagai upaya mendorong lima destinasi wisata super prioritas.

"Kita ingin membangun tenaga kerja kompeten bidang pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bisa berkompetisi secara global," ujar Menaker Ida.

Dia menambahkan adanya kompetensi di bidang kecantikan atau Spa, maka akan semakin beragam dan sangat kaya.

Sebab, bidang kecantikan memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh negara lain. Keragaman dan kekayaan budaya Indonesia menyebabkan tuntutan kompetensi yang berbeda.

Dia pun mencotohkan keragaman rias pengantin dan Spa tradisional dari berbagai daerah yang memiliki ciri khas masing-masing (batak, madura, bali, bugis, jawa, dan lain lain).

Hal itu merupakan potensi besar yang harus dimanfaatkan untuk membangkitkan kembali pariwisata.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meluncurkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Kecantikan, SPA dan Pemandu Karaoke di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi, Jawa Barat, Rabu (8/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News