Kemnaker Sampaikan Kabar Baik untuk Tenaga Kerja Bongkar Muat

Kemnaker Sampaikan Kabar Baik untuk Tenaga Kerja Bongkar Muat
Direktur Jenderal PHI dan Jamsos Indah Anggoro Putri saat membuka acara Inagurasi, Deklarasi, dan Rakernas SPPI Bersatu di Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/11). Foto: Kemnaker

jpnn.com, BOGOR - Direktur Jenderal PHI dan Jamsos Kementerian Ketenagakerjaan Indah Anggoro Putri mengatakan Kemnaker sedang menyiapkan konsep di bidang ketenagakerjaan untuk dimasukkan dalam National Logistic Ecosystem (NLE).

"Konsep yang akan dimasukkan ini khususnya dalam upaya meningkatkan dan menguatkan pelindungan TKBM yang meliputi implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), hingga hak-hak TKBM," ucap Dirjen Putri saat membuka acara Inagurasi, Deklarasi, dan Rakernas SPPI Bersatu di Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/11).

NLE merupakan suatu ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang.

Dirjen Putri menyampaikan pemerintah juga tengah berupaya membenahi tata kelola yang terintegrasi antarkementerian atau lembaga terkait Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM).

"Pembenahan ini sebagai upaya untuk perbaikan ekosistem logistik dengan menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang berdampak terhadap eksistensi TKBM," ucapnya.

Dia mengemukakan pembenahan tata kelola ini dilakukan meliputi tiga aspek.

Pertama, regulasi yang efisien dengan standar layanan yang prima, penerapan simplifikasi serta penghapusan repetisi dan duplikasi proses bisnis.

Kedua, penyiapan SDM untuk mendukung desain NLE.

Kemnaker sedang menyiapkan konsep untuk menguatkan perlindungan bagi Tenaga Kerja Bongkar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News