Kemnaker Susun Renstra Ketenagakerjaan 2020-2024

Kemnaker Susun Renstra Ketenagakerjaan 2020-2024
Sekjen Kemnaker Khairul Anwar di Innovation Room Kemnaker. Foto : Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan tengah menyusun rencana strategis (renstra) ketenagakerjaan tahun 2020-2024.

Penyusunan renstra ini diharapkan bisa memetakan apa saja yang perlu dilakukan Kemnaker sesuai target yang sudah disepakati menjadi indikator kinerja Kemnaker ke depan.

"Penyusunan renstra secara komprehensif ini diharapkan bisa memberi manfaat dan membangun komitmen bagaimana menyusun perencanaan ke depan lebih baik, " kata Sekjen Kemnaker Khairul Anwar di Innovation Room Kemnaker pada Selasa (9/4).

Sekjen Khairul dalam paparannya menyebut delapan arah kebijakan Resntra Kemnaker. Pertama, mengembangkan pasar kerja terbuka bagi sektor-sektor pekerjaan yang bernilai tambah tinggi.

"Kedua, meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan yang adaptif terhadap teknologi, khususnya bagi millenial (pendidikan vokasi) dan soft skills, " kata Sekjen Khairul

Ketiga, pengembangan pusat-pusat pelatihan ketenagakerjaan (lembaga kursus/komunitas) bagi kelompok berpendidikan rendah.

Keempat, mengembangkan informasi pasar kerja yang terbuka serta menjangkau seluruh daerah serta potensi “demand” tenaga kerja

Kelima, menguatkan relevansi dunia pendidikan dan dunia kerja, baik dari kurikulum, pendidik, sarana dan prasarana, metode pembelajaran, hingga sertifikasi keahlian (SKKNI).

Penyusunan renstra ini diharapkan bisa memetakan apa saja yang perlu dilakukan Kemnaker sesuai target yang sudah disepakati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News