Kemnaker: TKS Punya Peran Penting untuk Bantu TKM Kelola Usaha

Kemnaker: TKS Punya Peran Penting untuk Bantu TKM Kelola Usaha
Perwakilan TKS usai menerima perlengkapan kerja secara simbolik dari Kemnaker RI. Foto: dok: Kemnaker

jpnn.com, SEMARANG - Direktur Bina Perluasan Kesempatan Kerja Ditjen Binapenta dan PKK Kementerian Keternagakerjaan (Kemnaker) RI I Nyoman Darmanta mengatakan tenaga kerja sukareja (TKS) memiliki peran penting di masyarakat.

Sebab, dia menyebut TKS itu nantinya bertugas berdampingi tenaga kerja mandiri (TKM) dalam mengelola usahanya.

Dengan pendampingan itu diharapkan bisa menekan angka pengganguran masyarakat di Indonesia.

Kemnaker: TKS Punya Peran Penting untuk Bantu TKM Kelola Usaha

"TKS punya tanggung jawab besar mendorong keberhasilan para tenaga kerja mandiri (TKM) dalam mengelola usaha,” kata I Nyoman Darmanta dalam sambutan saat di acara Temu Konsultasi TKS di Semarang,

Dia menambahkan, dalam proses kerja sabagai pendamping TKS diharapkan harus aktif dan terus menjalin kerja sama dengan dinas ketenagakerjaan setempat.

“TKS untuk tidak segan berkomunikasi, berkonsultasi, dan menjalin kolaborasi dengan dinas-dinas ketenagakerjaan di wilayahnya masing-masing,” ungkap dia.

Sejalan dengan pesan I Nyoman, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah, Sakina Rosellasari yang hadir sebagai narasumber berharap hubungan kerja antara TKS dengan Dinas lebih ditingkatkan, antara lain melalui koordinasi dan rapat internal secara periodik.

Direktur Bina Perluasan Kesempatan Kerja Ditjen Binapenta dan PKK Kementerian Keternagakerjaan (Kemnaker) RI I Nyoman Darmanta mengatakan tenaga kerja sukareja (TKS) memiliki peran penting di masyarakat.