Kenaikan Tarif Listrik Bebani 5,7 Juta Rumah Tangga

Kenaikan Tarif Listrik Bebani 5,7 Juta Rumah Tangga
Kenaikan Tarif Listrik Bebani 5,7 Juta Rumah Tangga
JAKARTA- Pemerintah secara resmi akan menaikan Tarif Tenaga Listrik (TTL) per 1 Januari 2013 mendatang sebesar 4,3 persen. Kenaikan ini akan diberlakukan setiap tiga bulan sekali hingga mencapai total 15 persen.

Meskipun kenaikan ini akan dibebankan pada golongan pengguna listrik di atas 900 watt, kenaikan ini dinilai akan sangat memberatkan masyarakat. Pasalnya, dilakukan di awal tahun saat struktur konsumsi tahunan masyarakat.

Dengan dalih itu, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPR menolak kenaikan tersebut. "Fraksi PKS menyatakan menolak kenaikan TTL bagi pengguna 1300 VA, mengingat segmen rumah tangga pengguna 1300 VA sebanyak 5,7 juta pelanggan atau 11 persen dari total pelanggan. PKS memberikan catatan keberatan (minderheit nota) atas kebijakan kenaikan TTL untuk pengguna 1300 VA yang kami nilai masih bisa dimungkinkan tidak terjadi," papar Politikus PKS, Rofi Munawar dalam keterangan pernya, Senin (31/12).

PKS memandang kebijakan belanja subsidi masih perlu terus direvitalisasi agar tepat sasaran. Jika pengguna 450 VA, 900 VA dan 1300 VA tidak dikenakan kenaikan tarif, maka ada 44,9 juta rumah tangga atau sebanyak 87 persen pengguna listrik yang tidak mengalami kenaikan TTL.

JAKARTA- Pemerintah secara resmi akan menaikan Tarif Tenaga Listrik (TTL) per 1 Januari 2013 mendatang sebesar 4,3 persen. Kenaikan ini akan diberlakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News