Kenaikan TDL Dibatalkan, Laju Inflasi Tetap Aman

Kenaikan TDL Dibatalkan, Laju Inflasi Tetap Aman
Kenaikan TDL Dibatalkan, Laju Inflasi Tetap Aman
JAKARTA — Pemerintah mengaku optimis, inflasi akan tetap terjaga sesuai target awal meski akhirnya DPR RI tidak menyetujui usulan pemerintah untuk menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) di 2011. Pejabat sementara (Pjs) Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementrian Keuangan, Agus Supriyanto mengatakan, pemerintah akan menjaga target inflasi di 2011 tetap berada pada kisaran 5,3 persen.

Sementara untuk inflasi inti, tetap terjaga di bawah angka 5 persen. "Kita tetap tahun depan di 5,3 persen. Kita lebih fokus pada core inflation-nya. Kalau terjadi pergerakan hanya dibeberapa komoditi, namun kalau inflasi inti masih bisa kita jaga di bawah 5 persen. Itu sudah aman," kata Agus pada wartawan, Senin (25/10) di DPR RI, Jakarta.

Agus menambahkan, batalnya kenaikan TDL pada tahun depan sementara asumsi anggaran sudah disusun justru bisa menekan inflasi inti. Hal ini dikarenakan TDL masuk dalam komoditas yang harganya ditentukan oleh pemerintah.

"Malah bisa menurunkan (inflasi) karena ini masuk dalam administrated price (harga ditentukan pemerintah). Kalau core inflation dan administrated price itu masih bisa dijaga. Yang tidak bisa itu misalnya volatile food (gejolak harga barang) dengan harga pangan dunia yang meningkat sementara musim panen mulai tidak jelas, seperti beras," ungkap Agus.

JAKARTA — Pemerintah mengaku optimis, inflasi akan tetap terjaga sesuai target awal meski akhirnya DPR RI tidak menyetujui usulan pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News