Kenaikan TDL Jangkau 4 juta Pelanggan PLN

Kenaikan TDL Jangkau 4 juta Pelanggan PLN
Kenaikan TDL Jangkau 4 juta Pelanggan PLN
JAKARTA - Rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL) pada awal 2011 masih menjadi wacana pemerintah. Jika kenaikan TDL itu jadi dilaksanakan, hanya sekitar 4 juta di antara total 37 juta pelanggan rumah tangga PLN yang akan mengalaminya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh menegaskan bahwa menaikkan TDL merupakan opsi terakhir jika langkah efisiensi kurang mencukupi. "Kenaikan TDL merupakan opsi terakhir setelah efisiensi di dalam tubuh PLN, seperti mengefisiensikan pembangkit, menurunkan susut jaringan (losses), menurunkan biaya operasi, dan memperbaiki komposisi energi primer dengan memperbesar penggunaan bahan bakar non-BBM dilakukan," ujar Darwin akhir pekan lalu.

Kalaupun kenaikan TDL harus dilakukan, pemerintah akan menerapkannya secara terbatas sehingga tidak memberatkan rakyat kecil. Menurut dia, kenaikan TDL dilakukan untuk mengendalikan besaran subsidi yang akan diputuskan pemerintah dengan mempertimbangkan rasa keadilan, tidak memberatkan rakyat kecil, dan tetap menjaga daya saing industri.

"Kalaupun harus ada kenaikan TDL, pemerintah akan menerapkannya terbatas hanya kepada golongan yang mampu. Jadi, rakyat kecil tidak perlu khawatir," ungkapnya.

JAKARTA - Rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL) pada awal 2011 masih menjadi wacana pemerintah. Jika kenaikan TDL itu jadi dilaksanakan, hanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News