Kenali 4 Penyebab Gigi Berlubang

Kenali 4 Penyebab Gigi Berlubang
Ilustrasi sakit gigi. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Kerusakan pada gigi, salah satunya adalah gigi berlubang merupakan salah satu permasalahan umum yang sering dialami banyak orang. Siapa pun bisa mengalaminya, dari usia anak-anak hingga lansia.

Gigi berlubang adalah kondisi gigi mengalami kerusakan yang mengikis bagian luar (email) hingga dalam (dentin), hingga terbentuk lubang. Lewat artikel ini, mari kenali berbagai penyebab gigi berlubang.

Gigi berlubang bermula dari lapisan luar permukaaan gigi (lapisan enamel) yang rusak secara permanen, kemudian berkembang menjadi sebuah lubang kecil. Hal ini disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor, seperti adanya bakteri yang terdapat di dalam mulut, sering konsumsi makanan atau minuman yang manis, serta tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik.

Jika gigi sudah berlubang dan tidak dirawat dengan semestinya, maka kondisinya bisa memburuk dan mengganggu aktivitas harian. Berikut ini adalah beberapa penyebab gigi berlubang.

1. Sering ngemil

Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula yang tinggi, misalnya susu, es krim, kue, buah kering, sereal, permen, atau minuman bersoda cenderung lebih mudah menyebabkan kerusakan pada gigi. Ini terjadi karena bakteri, asam, sisa-sisa makanan, dan air liur membentuk plak yang melekat di permukaan gigi. Asam di dalam plak tersebut dapat melarutkan lapisan enamel, sehingga menciptakan suatu rongga atau lubang.

2. Kebersihan mulut yang buruk

Tidak melakukan flossing dan menggosok gigi dengan teknik yang kurang tepat dapat menyebabkan sisa-sisa makanan di sela gigi tertinggal. Hal ini akan menyebabkan plak terbentuk dengan cepat, sehingga tahap awal kerusakan gigi akanterjadi.

Jika gigi sudah berlubang dan tidak dirawat dengan semestinya, maka kondisinya bisa memburuk dan mengganggu aktivitas harian.

Sumber klIkdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News