Kenali 5 Tanda Penuaan Wajah yang Jarang Anda Sadari

Kenali 5 Tanda Penuaan Wajah yang Jarang Anda Sadari
Ilustrasi proses penuaan pada wajah. Foto: Vitalidad y Belleza

jpnn.com - Kecantikan kulit wajah merupakan aset bagi wanita. Tak heran, para wanita rela merogoh kocek yang lumayan besar untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cerah.

Meski begitu, sebagian wanita mungkin tergolong cuek terhadap penampilannya dan mengabaikan beberapa tanda penuaan wajah yang dimilikinya.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, proses penuaan merupakan proses yang alami dan akan terus terjadi pada setiap manusia.

Walaupun tidak bisa dihentikan, proses penuaan bisa diperlambat. Dari segi faktor, ada beberapa hal yang dapat membuat kulit dan wajah Anda tampak lebih tua, namun sering kali tidak Anda sadari.

“Beberapa faktor yang dapat menyebabkan penuaan dini di antaranya adalah faktor keturunan, stres, konsumsi alkohol, rokok, asupan nutrisi yang buruk karena kurang sayur dan buah, sering terpapar sinar matahari dan polusi,” jelasnya.

Tanda-tanda penuaan wajah yang sering terabaikan

Meski sering tak menyadarinya, menurut dr. Dina Kusumawardhani, Anda perlu mengetahui tanda-tanda penuaan apa saja yang dapat mengingatkan Anda untuk lebih merawat kulit wajah. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Kerutan di sekitar mata

Ada beberapa hal yang dapat membuat kulit dan wajah Anda tampak lebih tua, namun sering kali tidak Anda sadari.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News