Kenali Bahaya Minum Jus Lemon Berlebihan, Bisa Ganggu Janin

Kenali Bahaya Minum Jus Lemon Berlebihan, Bisa Ganggu Janin
Jus lemon. Foto: livestrong

jpnn.com - Jus lemon selain menyegarkan juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh karena kandungan vitamin C. Walaupun sehat, Anda perlu meminumnya dengan bijak tanpa berlebihan.

Sebab, minum jus lemon secara terus menerus dan berlebihan justru akan memberikan efek buruk bagi tubuh. Dilansir Mind Body Care, setidaknya ada 7 efek buruk yang didapat jika mengonsumsi jus lemon secara berlebihan. Apa saja itu?

1. Kerusakan Gigi

Terlalu banyak lemon bisa mengikis email gigi Anda. Penelitian di National Institute of Dental dan Craniofacial Research mengamati bahwa terlalu banyak jus lemon dapat merusak lapisan gigi. Perlahan-lahan enamel luar akan mengalami pembusukan yang berlanjut ke dentin sehingga Anda mengalami sensitivitas dan gigi berlubang.

2. Asam Lambung

GERD atau gangguan Gastroesophageal merupakan tingginya kadar asam di lambung yang disebabkan oleh makan makanan tertentu. Hal ini diperburuk oleh makanan pedas dan sangat asam yang memengaruhi lapisan luar lambung. Beberapa tetes lemon dalam air diketahui dapat menyembuhkan efek GERD, tapi terlalu banyak lemon yang dikombinasikan dengan makanan lain pasti memiliki efek. Kelebihan lemon dapat mengiritasi tenggorokan dan kerongkongan, meningkatkan masalah GERD yang dapat menyebabkan mual, muntah, dan mulas.

3. Masalah Kehamilan

Kehamilan adalah waktu yang penting bagi setiap ibu untuk menjaga kesehatannya. Saat mengonsumsi air jeruk lemon saat hamil, Anda harus berhati-hati karena dapat memengaruhi bayi di dalam rahim. Jus jeruk lemon yang tidak dipasteurisasi bisa berbahaya pada kehamilan. Ketika Anda hamil, sistem kekebalan Anda menurun dan berisiko tertular penyakit. Kehamilan membuat Anda akan mengalami peningkatan rasa panas di dada dan mual. Konsumsi jus lemon di saat-saat seperti itu dapat menyebabkan diare, kram perut, dan gangguan pencernaan.

Selain menyegarkan, jus lemon juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Walaupun sehat, Anda perlu meminumnya dengan bijak tanpa berlebihan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News