JPNN.com

Kenali Bulimia pada Remaja

Jumat, 12 April 2019 – 04:31 WIB Kenali Bulimia pada Remaja - JPNN.com

jpnn.com - Para artis atau influencer sering tak ragu memamerkan badan ideal mereka di media sosial. Mungkin maksudnya baik, yakni menyemangati banyak orang untuk hidup sehat, sehingga tak jarang memicu sebagian remaja coba mendapatkan badan ideal seperti sang idola.

Namun sayangnya cara yang ditempuh pun tak selamanya baik.  Bukannya membangun tubuh yang lebih sehat dan bugar dengan olahraga dan pengaturan pola makan yang tepat, tetapi malah mengalami gangguan makan, seperti bulimia.

Bulimia pada remaja

Dilansir dari Verywell Mind, prevalensi kasus bulimia pada remaja, terutama wanita muda, diperkirakan sekitar 1-1,5 persen. Akan tetapi, sebuah studi di Eropa menemukan ekspresi gejala inti anoreksia dan bulimia pada sekitar 12 persen wanita selama masa hidup mereka.

Kebanyakan penderita bulimia adalah perempuan, tetapi laki-laki tentu juga dapat mengalami gangguan ini. Bahkan, ada kemungkinan kondisi yang tidak dilaporkan, terutama pada pria.

Gangguan makan ini dapat dipicu oleh stres, diet yang tidak efektif, atau sebagai upaya untuk mengatasi emosi yang menyakitkan atau gangguan pada citra tubuh.

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, seseorang dengan bulimia dapat memiliki masalah makan yang tidak sehat dari waktu ke waktu.

Biasanya, orang dengan bulimia mengonsumsi makanan yang banyak dalam satu waktu. Kemudian, mereka panik mengenai kalori yang mereka konsumsi, lalu berusaha sekuat tenaga membuangnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...