Kenali Cedera Bahu, Begini Cara Menyembuhkannya

Kenali Cedera Bahu, Begini Cara Menyembuhkannya
Ilustrasi - pijat (Istimewa) (Istimewa/)

jpnn.com - OLAHRAGA penting dilakukan di masa pandemi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, jangan sampai aktivitas yang menyehatkan itu justru merugikan karena timbulnya cedera.

"Cedera ini bisa terjadi pada siapa pun, baik tua, muda bahkan mereka yang profesional sekali pun," kata dokter spesialis ortopedi Made Bhawana Wijaya dalam webinar "Cedera Bahu Saat Berolahraga", Sabtu (13/2).

Dikatakannya, ada beberapa jenis cedera yang biasa dialami saat berolahraga yakni cedera lutut, cedera bahu, cedera tulang kering, otot tertarik, hingga patah tulang.

Namun secara umum, banyak cedera terjadi pada bagian atas tubuh yaitu bahu. 

"Karena bahu merupakan sendi yang geraknya paling bebas tetapi tidak stabil dan rentan mengalami cedera," ujar dokter yang bertugas di Siloam Hospitals Bali tersebut.

Khusus untuk cedera pada bahu dibedakan menjadi beberapa macam beserta tips penanganannya.  Misalnya, jika hanya cedera bahu ringan, maka cukup diatasi dengan melakukan peregangan dan memaksimalkan kerja bahu melalui fisioterapi.

Sementara cedera akibat peradangan otot diatasi dengan beristirahat, penggunaan kompres es untuk meredakan nyeri, pemberian analgesik, serta terapi untuk membantu proses pemulihan bahu.

Cedera pada bahu sering terjadi dan jika salah penanganan fatal akibatnya sehingga perlu diketahui jenis cedera bahu dan penanganannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News