Kenali Manfaat Sabun Serai untuk Kesehatan

Kenali Manfaat Sabun Serai untuk Kesehatan
Sabun serai. Foto: ilustrasi/swanherbal

jpnn.com - Tak hanya untuk campuran masakan, serai juga dimanfaatkan untuk bahan sabun mandi. Serai adalah tanaman dengan daun bergaris panjang yang memiliki tepi tidak rata. Tanaman ini memancarkan aroma lemon yang kuat.

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (8/9), sabun serai memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang menawarkan banyak manfaat bagi tubuh. Ditambah lagi, sabun serai tidak mengandung bahan kimia, sehingga aman bagi kulit. Berikut manfaat sabun serai untuk kecantikan.

Mengurangi Jerawat

Serai mengandung banyak sifat antimikroba dan antijamur yang membuatnya menjadi pilihan sempurna bagi mereka yang berurusan dengan jerawat. Selain itu, karena sabun ini buatan sendiri, tidak memiliki efek samping dan dapat dengan mudah digunakan oleh semua orang.

Namun, mereka yang memiliki kulit sensitif harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya atau mencobanya di lengan bawah mereka dan menunggu selama 24 jam untuk melihat apakah itu menyebabkan reaksi. Jika tidak, maka dapat melanjutkan untuk menggunakannya pada bagian kulit lainnya.

Sebagai Toner atau Pembersih

Sabun sereh bertindak sebagai toner alami yang membantu meremajakan kulit wajah karena kandungan minyak esensial. Ini juga membantu dalam mengecilkan pori-pori besar pada kulit dan juga mengangkat kulit yang kendur.

Sebagai Deodoran Alami

Tak hanya untuk campuran masakan, serai juga dimanfaatkan untuk bahan sabun mandi yang memiliki sifat antibakteri dan antimikroba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News