Kenang Kru KRI Nanggala 402, TNI AL Bangun Monumen Kapal Selam

Kenang Kru KRI Nanggala 402, TNI AL Bangun Monumen Kapal Selam
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat meletakkan batu pertama pembangunan monumen kapal selam satu banding satu di Koarmada II, Surabaya, Kamis (3/6). Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) membangun monumen kapal selam dengan luas area 842,5 meter di Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, untuk mengenang 53 kru KRI Nanggal 402 yang gugur di perairan Bali.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono Peletakan batu pertama pembangunan monumen kapal selam itu Kamis (3/6).

Alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) 1988 itu mengatakan bahwa ukuran monumen yang akan dibangun sama persis dengan bentuk KRI Nanggala 402.

Menurut Yudo, di dalam monumen itu nanti akan ada berbagai kenangan sekaligus koperasi.

"Besarnya satu banding satu, di dalamnya berisi sejarah pembangunan dan juga para syuhada atau pahlawan yang gugur bersama KRI Nanggala 21 April lalu," ungkap Yudo.

Mantan Pangkogabwilhan I itu mengatakan monumen kapal selam itu juga akan dibuka umum.

Tujuannya, kata dia, selain untuk dikenang oleh prajurit kapal selam, juga mengingat on eternal patrol masih ada dengan adanya monumen itu.

Jadi, ujar Yudo, seperti mereka tetap beroperasi di laut tanpa batas.

TNI AL membangun monumen kapal selam untuk mengenang 53 kru KRI Nanggala 402 yang gugur di perairan Bali. Monumen itu dibangun di Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News