Kenangan Masa Lalu Pengaruhi Kesehatan di Masa Tua

Kenangan Masa Lalu Pengaruhi Kesehatan di Masa Tua
Anak-anak menikmati permainan tradisional. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com - Kita tahu bahwa pengalaman masa lalu akan membentuk siapa kita hari ini dalam berbagai cara.

Para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang dengan kenangan masa kecil yang baik cenderung memiliki kesehatan lebih baik, kurang depresi dan mengalami lebih sedikit penyakit kronis saat mereka dewasa.

Penelitian yang dimuat dalam sebuah makalah dan diterbitkan jurnal Health Psychology telah menunjukkan bahwa ingatan tentang hubungan positif memiliki banyak fungsi. Mereka bisa menanamkan rasa syukur, merasa jauh lebih baik dan memberi harapan untuk hubungan saat ini dan di masa depan.

"Memori memainkan peran besar dalam bagaimana kita memahami dunia, bagaimana kita mengatur pengalaman masa lalu kita dan bagaimana kita menilai bagaimana kita harus bertindak di masa depan," kata penulis utama studi dari Michigan State University, William Chopik, seperti dilansir laman MSN, Rabu (30/1).

Akibatnya, ada banyak cara berbeda yang bisa diingat oleh ingatan kita tentang masa lalu. "Kami menemukan bahwa ingatan yang baik tampaknya memiliki efek positif pada kesehatan dan kesejahteraan, seperti mengurangi stres atau membantu kita mempertahankan pilihan yang sehat dalam hidup," tambah Chopik.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa orang-orang yang memiliki persepsi yang baik tentang hubungan mereka dengan orang tua saat masih balita, cenderung memiliki kualitas kerja yang lebih tinggi, hubungan pribadi yang lebih baik, penyalahgunaan zat yang lebih rendah, depresi yang lebih rendah dan masalah kesehatan yang lebih sedikit pada masa remaja dan dewasa. (fny/jpnn)


Orang-orang dengan kenangan masa kecil yang baik cenderung memiliki kesehatan lebih baik, kurang depresi dan mengalami lebih sedikit penyakit kronis saat mereka dewasa.


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News