Kenya Bersyukur Bisa Buka Kedubes di Indonesia, Episentrum Dunia

Kenya Bersyukur Bisa Buka Kedubes di Indonesia, Episentrum Dunia
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi (kiri) dan Menteri Luar Negeri Kenya (kanan) Raychelle Omamo meresmikan pembukaan Kedutaan Besar (Kedubes) Kenya di Jakarta, Kamis (17/3/2022). (ANTARA / Azis Kurmala)

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Kenya Raychelle Omamo menilai Presidensi G20 kembali menjadikan Indonesia episentrum dunia setelah Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 1955 silam.

“Saya sangat bersyukur bahwa kami bisa meresmikan Kedubes di Jakarta kemarin saat Indonesia memegang Presidensi G20. Indonesia kembali menjadi episentrum dunia,” kata Raychelle dalam pidatonya pada penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas Padjadjaran dan University of Nairobi yang dipantau secara daring di Jakarta, Jumat.

Dalam G20, forum negara-negara yang menyumbang produk domestik bruto (PDB) 80 persen dunia itu, dia menyakini Indonesia akan melancarkan diplomasi yang inovatif dan mengejutkan.

“Diplomasi yang membantu membangkitkan diri dan memahami potensinya serta kemampuan untuk mempengaruhi negara-negara di ajang dunia,” katanya.

Untuk itu, Raychelle berpendapat nilai-nilai luhur yang digaungkan dalam momentum bersejarah KAA perlu dibangkitkan kembali saat ini.

“Kita harus menangkap kembali semangat kebebasan, semangat emansipasi, tekad diri. Kita juga harus memperbarui semangat untuk menjawab segala tantangan saat ini,” katanya.

Dia mengaku merasakan kekuatan saat melihat foto-foto bersejarah di museum KAA.

“Saya merasakan kembali kekuatan yang dulu berada di sini pada 1955 saat sejarah itu diciptakan, saat Indonesia menjadi pusat dunia. Pemikiran revolusioner saya muncul dan menyadari bahwa masih ada tempat untuk Asia dan Afrika menjalin kerja sama,” katanya.

Menteri Luar Negeri Kenya Raychelle Omamo menyebut Indonesia adalah episentrum dunia

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News