Kepala BIN: Jangan Mengira Vaksin Tidak Berguna

Kepala BIN: Jangan Mengira Vaksin Tidak Berguna
Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan. Foto: dok. BIN

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (purn) Budi Gunawan menyebut vaksinasi Covid-19 yang selama ini digelar pemerintah telah berhasil melindungi masyarakat.

“Vaksinasi yang sudah dilakukan sejak awal, terbukti memberikan perlindungan sehingga berbagai indikator pandemi kini semakin baik,” ujar Budi dalam siaran persnya, Senin (28/3).

Menurut Budi, vaksinasi sengaja digelar untuk mengantisipasi penyebaran varian baru Covid-19, yakni omicorn siluman. 

“Kami tidak ingin kalah cepat. Capaian angka di kelompok rentan, yaitu anak-anak dan lansia kami tingkatkan, sementara di kelompok umum didorong agar vaksinasi tuntas hingga booster,” ujar Budi. 

Mantan Wakapolri ini mengatakan dari berbagai data, vaksin yang digunakan terbukti memiliki efikasi yang baik, minimal bisa menekan gejala bila tertular. 

“Jangan mengira vaksin tidak berguna karena masih ada penerima yang terinfeksi,” tegas Budi.

Dia lantas menuturkan dari data yang dimiliki BIN, sebagian besar masyarakat yang telah divaksin dua dosis apalagi tiga dosis hanya mengalami gejala ringan bila terinfeksi. 

“Setelah negatif, kekebalan tubuh mereka menjadi sangat baik untuk jangka yang lebih lama. Vaksin berhasil mengaktifkan kemampuan belajar sel T dan sel B pada tubuh manusia, sehingga mampu meredam daya-rusaknya,” beber Budi.

Kepala BIN Budi Gunawan meminta masyarakat mengikuti vaksinasi dan terus menjaga protokol kesehatan mengantisipasi penyebaran Covid-19

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News