Kepala BIN Pastikan Masyarakat Tak Terpinggirkan dalam Proses Pembangunan IKN

Kepala BIN Pastikan Masyarakat Tak Terpinggirkan dalam Proses Pembangunan IKN
Kepala BIN Jenderal (purn) Budi Gunawan. Foto: Dok Humas BIN.

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan menyebut respons positif dan harapan warga Kalimantan Timur terhadap pembangunan IKN Nusantara menunjukkan kejernihan hati masyarakat menerima perubahan untuk kemajuan.

Kearifan lokal para pemangku adat mampu menangkap niat baik pemimpin bangsa untuk memajukan wilayah lain Indonesia yang selama ini hanya bertumpu di Jawa

“Pemindahan IKN bukan sekadar memindahkan ASN dan membangun gedung-gedung pemerintahan saja. Tetapi juga memindahkan pusat pertumbuhan, sekaligus lompatan untuk transformasi bangsa menuju Indonesia yang maju, adil, dan makmur,” ujar Budi dalam siaran persnya, Minggu (24/4).

Budi mengatakan salah satu prinsip yang dipegang teguh pemerintah dalam pembangunan IKN Nusantara ini adalah penghargaan atas keberagaman.

“Masyarakat tidak akan terpinggirkan baik dalam proses pembangunan maupun saat kota Nusantara telah dihuni dan berkembang,” ujar da. 

IKN Nusantara didesain sebagai kota yang inklusif, humanis, dibangun untuk semua. Implementasinya antara lain dengan melibatkan potensi sumber daya manusia (SDM) di Kalimantan.

“Kampung dan dusun yang memang telah ada akan menjadi penyangga kota inti yang akan ditata menjadi smart village,” kata dia.

Mantan Wakapolri ini memastikan kebudayaan dan kearifan lokal tidak akan tergerus, tetapi direvitalisasi menjadi bagian dari jiwa IKN Nusantara.

Kepala BIN Budi Gunawan memastikan masyarakat tidak akan terpinggirkan dalam proses pembangunan IKN Nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News