IKN Nusantara Bakal Jadi New Smart City

IKN Nusantara Bakal Jadi New Smart City
Dokumentasi - Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan langkah menjadikan ibu kota negara (IKN) Nusantara sebagai new smart city, bakal memberi dampak positif terutama terhadap kemajuan pembangunan ekosistem digital.

Pasalnya, IKN Nusantara nantinya akan menjadi kota cerdas yang nyaman, efisien, modern dan menjadi kota dunia untuk semua.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Menteri Johnny menyebut ada beberapa langkah yang perlu menjadi perhatian utama.

Antara lain, memperkuat jaringan kabel serat optik Palapa Ring eksisting di wilayah IKN dengan penambahan jaringan Palapa Ring integrasi.

Hal itu ditujukan untuk meningkatkan utilisasi dan resiliensi jaringan tulang punggung konektivitas secara nasional.

“Kementerian Kominfo juga membangun infrastruktur TIK (teknologi informasi dan komunikasi) di kawasan IKN dengan berorientasi kepada jaringan 5G dan beyond."

"Saat ini, 4G adalah backbone telekomunikasi nasional, tetapi untuk IKN berorientasi pada jaringan 5G dan beyond serta semua persiapannya menuju ke sana,” ujar Menteri Johnny pada diskusi 'Peluang Digital di IKN' yang digelar secara daring Jumat (22/4).

Menteri Johnny juga menyatakan pihaknya sedang menyiapkan infrastruktur digital agar penggunaan teknologi baru dan mutakhir seperti autonomous vehicles, internet of things, dan big data dapat berjalan secara simultan dan berkelanjutan.

Kemenkominfo fokus melakukan langkah-langkah ini untuk mewujudkan IKN Nusantara jadi new smart city.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News