Kepala BKN Pastikan tak Ada Lagi Rekrutmen CPNS dari Honorer K2

Kepala BKN Pastikan tak Ada Lagi Rekrutmen CPNS dari Honorer K2
Kepala BKN Bima Haria Wibisana pastikan tidak ada lagi rekrutmen CPNS dari honorer K2. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rekrutmen CPNS dari jalur khusus untuk honorer K2 (kategori dua) maupun non kategori dipastikan tidak ada lagi. Pemerintah hanya akan membuka rekrutmen CPNS dari jalur umum.

"Ke depan, tidak ada lagi penerimaan honorer (K2 maupun non K) sebagai PNS. Semuanya menggunakan jalur umum," kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana kepada JPNN, Senin (4/2).

Rekrutmen CPNS dari jalur honorer K2, lanjutnya, terakhir tahun lalu. Dalam rekrutmen CPNS 2018, pemerintah menyiapkan 13 ribu lebih untuk honorer K2. Namun, yang mendaftar hanya 8 ribuan dan yang lulus seleksi 6 ribuan.

Menurut Bima, dengan kesempatan tersebut, pemerintah sudah melakukan tanggung jawabnya menyelesaikan masalah honorer K2.

Untuk selanjutnya proses rekrutmen CPNS mengacu pada PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Di mana batasan usia maksimal 35 tahun.

Terhadap nasib honorer K2 maupun non kategori yang ingin mengikuti seleksi CPNS, Bima melanjutkan, harus memenuhi aturan PP 11/2017. Artinya, bagi yang memenuhi syarat dipersilakan mengikuti rekrutmen jalur umum.

BACA JUGA: 2 Alasan Kepala BKN tak Turuti Desakan Kuasa Hukum Honorer K2

"Jadi ya ikut bersaing dengan pelamar umum lainnya. Kalau jalur khusus sudah terakhir tahun lalu," tegasnya.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan rekrutmen CPNS dari jalur honorer sudah tidak ada lagi di masa – masa mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News