Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi Tegaskan Pancasila Cerminan Nilai-Nilai Agama

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi Tegaskan Pancasila Cerminan Nilai-Nilai Agama
Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi meresmikan Teras Pancasila di IAIN Kudus, Kamis (8/6). Foto: Dokumentasi Humas BPIP

jpnn.com, KUDUS - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi menegaskan Pancasila merupakan cerminan dari nilai-nilai semua agama, termasuk Islam.

Menurut Prof Yudian, agama dan Pancasila justru saling menguatkan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Karena itu, dia menegaskan Pancasila selaras dengan ajaran Islam, mulai dari ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan, ditinjau dari perspektif maqashid syari'ah.

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi Tegaskan Pancasila Cerminan Nilai-Nilai Agama

Acara Bedah Buku: Islam dan Pancasila Perspektif Maqashid Syariah Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D dan launching 'Teras Pancasila' yang berlangsung di IAIN Kudus, Kamis (8/6). Foto: Dokumentasi Humas BPIP

"Pancasila tidak lain merupakan bentuk lokalitas dari ke universal ajaran dan syariat Islam," tegas Prof Yudian Wahyudi saat menjadi keynote speech pada Bedah Buku: Islam dan Pancasila Perspektif Maqashid Syariah Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D dan launching 'Teras Pancasila' di IAIN Kudus, Kamis (8/6).

Prof Yudian menjelaskan Islam diturunkan ke bumi dengan maksud dan tujuan yang pasti.

Maksud dan tujuan tersebut mengalami proses pendalaman pemikiran yang dilakukan oleh para sahabat tabiin hingga ulama kontemporer melalui penafsiran Al-Qur'an, hadis nabi dan hukum syariat Islam lainnya.

"Syariat merupakan aturan hidup manusia yang menuntun berjalannya hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam," jelasnya.

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi menegaskan Pancasila merupakan cerminan nilai-nilai agama dan keduanya saling menguatkan dalam kehidupan berbangsa & bernegara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News