Kepala BPPSDMP Motivasi Penerima Manfaat Program Regenerasi di Tanah Laut

Kepala BPPSDMP Motivasi Penerima Manfaat Program Regenerasi di Tanah Laut
Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi memberikan motivasi buat penerima manfaat program regenerasi di Tanah Laut. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, TANAH LAUT - Kementerian Pertanian kian serius melakukan regenerasi petani serta melahirkan wirausaha milenial dari sektor pertanian.

Bersama International Fund for Agricultural Development (IFAD), Kementan berupaya menciptakan wirausaha milenial tangguh dan berkualitas melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS). Salah satunya di wilayah Kalimantan Selatan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan program YESS sangat mendukung dalam pengembangan sumber daya manusia pertanian.

Dedi bersama Bupati Tanah Laut, pimpinan SKPD, serta jajaran BPPSDMP melakukan dialog langsung dengan para penerima manfaat program YESS serta penyuluh pertanian.

“Salah satu fokus BPPSDMP ialah mewujudkan sumber daya manusia yang andal, berdaya saing, serta berjiwa entrepreneur. Dalam mewujudkan hal ini, penyuluh pertanian memiliki andil yang cukup besar. Penyuluh harus mendampingi petani dalam menjalankan usaha taninya,” ungkap Dedi.

Dedi mengatakan sektor pertanian saat ini sudah berbeda, tak hanya berpikir menghasilkan produk pertanian, tetapi juga harus berorientasi bisnis. Sudah saatnya generasi muda turun mengolah lahan pertanian, tentunya dengan cara yang lebih maju dan modern.

“Dengan memberdayakan para pemuda tani untuk memanfaatkan sumber daya alam pertanian di pedesaan, secara optimal, profesional, menguntungkan dan berkelanjutan tentunya mereka ini akan siap menghadapi era milenial," ujar Dedi.

Kesiapan yang dimaksudkan oleh Kepala BPPSDMP ini ditunjukkan oleh Siti Aisyah dan rekan-rekannya sesama petani muda di Kabupaten Tanah Laut.

Sumber daya alam yang melimpah di Tanah Laut harus didukung dengan sumber daya manusia yang andal, berdaya saing, serta berjiwa entrepreneur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News