Sumber Daya Alam di Tanah Laut Kalsel Sangat Melimpah

Sumber Daya Alam di Tanah Laut Kalsel Sangat Melimpah
Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi (tengah) saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Tanah Laut. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, TANAH LAUT - Potensi pertanian di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tak perlu diragukan lagi. Tak hanya sektor perkebunan, daerah ini juga memiliki potensi tanaman pangan, hortikultura serta peternakan yang sangat berpotensi bila diolah dengan baik.

Melihat tingginya potensi sumber daya alam yang didukung oleh banyaknya jumlah pemuda-pemudi, Kementerian Pertanian (Kementan) menjadikan Provinsi Kalsel sebagai salah satu lokasi program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Kabupaten Tanah Laut pun menjadi satu dari tiga kabupaten yang menjadi sasaran program regenerasi petani kerja sama dengan IFAD ini.

Memastikan program YESS berjalan lancar, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Kalsel bertemu dengan penyuluh, mobilizer, penerima manfaat hibah kompetitif (HK) serta fasilitator muda program YESS di Kabupaten Tanah Laut.

“Saya senang melihat perkembangan regenerasi petani di kabupaten Tanah Laut ini. Kementan akan terus memfasilitasi, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sumber daya manusia khususnya petani milenial melalui pelatihan. Hadirnya program YESS serta program Kementan lainnya tentunya jangan disia-siakan, ini merupakan peluang baik,” ungkap Dedi.

“Generasi milenial jangan lekas puas, kalau saat ini memiliki lahan 1 ha, ke depan harus memiliki target peningkatan luasan lahan. Kalau saat ini menghasilkan produktivitas 20 ton, ke depan harus upayakan menjadi dua kali lipat. Kalau saat ini fokus mengembangkan budi daya melon, ke depan harus mencoba mengembangkan komoditi lainnya. Orientasinya harus diubah jangan hanya menghasilkan produk pertanian tetapi menjadi ladang bisnis, menghasilkan cuan”, ujar Dedi penuh optimistis.

Pada kunjungan tersebut Dedi pun membagikan kiat sukses dalam sektor pertanian.

“Cintai sektor pertanian, kalau sudah begitu pasti semua akan dilakukan untuk apa yang dicintai. Contohnya tanah, cintai tanah sebagai media tanam dari sektor pertanian, garap dengan baik, beri pupuk, penuhi nutrisinya hingga menjadi tanah subur. Ketika tanah subur dan disemai bibit akan menghasilkan komoditas unggul, melon dengan kualitas super,jagung, padi, sayuran dalam kualitas super yang pastinya akan berdampak pada nilai jual yang tinggi,” pesan Dedi.

Potensi sumber daya alam di Kabupaten Tanah Laut, Kalsel, tak perlu diragukan lagi. Mulai dari sektor perkebunan sampai hortikultura.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News