Kepala BSKDN Kemendagri Minta Pemda Terus Berinovasi demi Indonesia Emas 2045

Kepala BSKDN Kemendagri Minta Pemda Terus Berinovasi demi Indonesia Emas 2045
Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo pada kegiatan Refreshment Manajemen Pemerintahan Tahun 2023 di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Hotel Grand Mercure Malang Mirama, Kamis (12/1). Foto: dok.BSKDN Kemendagri

jpnn.com - MALANG - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo meminta pemerintah daerah (pemda) memanfaatkan berbagai potensi wilayahnya untuk mengembangkan inovasi.

Yusharto mengatakan, inovasi dibutuhkan salah satunya untuk meningkatkan pertumbuhan wirausaha dalam menyongsong kemajuan bangsa.

“Untuk melakukan inovasi setiap Pemda perlu mengubah mindset bahwa inovasi bukanlah suatu program atau kegiatan, melainkan sesuatu yang harus ada dalam setiap program atau kegiatan,” terang Yusharto Huntoyungo saat menjadi narasumber pada kegiatan Refreshment Manajemen Pemerintahan Tahun 2023 di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Dengan mindset seperti itu, dia (inovasi) akan melekat dengan segala urusan yang ada di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) mulai dari lini terendah sampai dengan lini tertinggi di setiap organisasi,” ujar Yusharto pada kegiatan bertema “Inovasi sebagai Tolak Ukur Kinerja Pemerintah Daerah yang Efektif” tersebut digelar di Hotel Grand Mercure Malang Mirama, Kamis (12/1).

Yusharto optmistis, jika inovasi daerah terus ditingkatkan maka Indonesia dapat menjadi negara maju, setidaknya pada tahun 2045 saat memasuki usia emas.

Yusharto menambahkan, Indonesia menjadi negara maju dapat terjadi jika pemda benar-benar bisa memanfaatkan inovasi dan bonus demografi yang ada.

Dijelaskan bahwa berdasarkan teori Adam Smith pertumbuhan penduduk disuatu negara biasanya akan dibarengi dengan pertumbuhan ekonominya.

“Namun Bapak/Ibu hal itu (pertumbuhan ekonomi) tidak serta merta terjadi karena menurut aliran neoklasik yang memberikan persyaratan-persyaratan tertentu mengenai pertumbuhan ekonomi di suatu negara salah satunya dengan semakin tingginya semangat wirausaha, setidaknya 4 persen dari tenaga kerja yang ada merupakan wirausahawan,” papar Yusharto.

Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo meminta pemda mengembangkan inovasi demi menyongsong Indonesia Emas 2045.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News