Kepala BSKDN Minta Daerah Penuhi Pelayanan Dasar Masyarakat

Kepala BSKDN Minta Daerah Penuhi Pelayanan Dasar Masyarakat
Kepala BSKDN Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo meminta daerah memenuhi layanan dasar masyarakat melalui inovasi. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo meminta daerah memenuhi layanan dasar masyarakat melalui inovasi.

Hal itu diungkapkan saat menanggapi sejumlah inovasi unggulan dari nominator kabupaten terinovatif pada hari kedua pelaksanaan presentasi kepala daerah sebagai tahapan Innovative Government Award, Selasa (26/9).

Dia menyebutkan sejumlah pelayanan dasar yang perlu diperhatikan pemerintah daerah (Pemda) di antaranya pelayanan kesehatan, pendidikan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan permukiman, ketenteraman, ketertiban umum, perlindungan masyarakat, hingga pelayanan sosial.

"Saya senang sekali dengan inovasi memperbaiki lingkungan, karena berdasarkan hasil riset 70 persen pengatasan masalah stunting itu karena penyelesaian masalah sanitasi, 30 persen yang berkaitan dengan layanan kesehatan yang lain," kata Yusharto dalam keterangannya yang diterima JPNN.com, Kamis (28/9).

Menurutnya, inovasi yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan perlu terus ditingkatkan oleh daerah.

Hal ini untuk memastikan pelayanan dasar masyarakat dapat terpenuhi dengan baik sehingga kesejahteraannya semakin terjamin.

"Ini harus terus menjadi perhatian sehingga masyarakat kita dari waktu ke waktu akan terpenuhi layanan dasar yang berkaitan dengan pemukiman dan sanitasi," lanjutnya. 

Tak hanya itu, Yusharto mengimbau daerah melibatkan berbagai pihak dalam pengembangan inovasi unggulannya agar penerapannya lebih luas dan berkelanjutan. 

Kepala BSKDN Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo meminta daerah memenuhi layanan dasar masyarakat melalui inovasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News