Kepala NFA Ajak Generasi Muda Promosikan Pangan B2SA

Kepala NFA Ajak Generasi Muda Promosikan Pangan B2SA
Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi saat memberikan kuliah umum Polbangtan Bogor, Rabu (31/8). Foto: Dokumentasi Badan Pangan Nasional

jpnn.com, BOGOR - Perubahan iklim, dampak pandemi, dan dinamika geopolitik global membuat rantai pasok terganggu, dan menjadikan banyak negara menahan produk pangannya untuk menjaga kecukupan stok pangan dalam negeri.

Mencermati kondisi tersebut, upaya penganekaragaman pangan berbasis sumber daya lokal dipandang sangat penting menjadi strategi menjaga ketahanan pangan domestik.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi dalam Kuliah Umum Polbangtan Bogor, Rabu (31/8).

"Saya mau memberi contoh bagaimana kita mengambil sudut pandang berbeda menghadapi challenge di sektor pangan ini. Kalau hari ini gandum sulit masuk ke Indonesia akibat dampak perang dan perubahan iklim, ini sebenarnya kesempatan kita mengembangkan produk pangan di dalam negeri. Negara kita ini subur sekali. Kalau di luar ada krisis pangan, sebenarnya Indonesia tidak terkena krisis pangan, karena kita masih punya beragam sumber daya pangan," ujar Arief.

"Ini waktunya kita memproduksi pangan lokal. Ini waktunya kita berdaulat atas pangan kita sendiri," tegasnya.

Apa yang disampaikan Arief tersebut selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo agar mengoptimalkan sumber pangan di dalam negeri untuk mensubtitusi produk impor.

Hal itu untuk mengantisipasi ancaman krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan akibat dampak pandemi, perubahan iklim, dan perang Rusia-Ukraina yang hingga saat ini masih belum reda.

Lebih lanjut Arief menjelaskan sebagai institusi yang salah satu fokus utamanya adalah penganekaragaman pangan, pihaknya mendorong semua pihak untuk hidup sehat, aktif, dan produktif dengan mengonsumsi produk pangan dalam negeri, dan menerapkan pola pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman atau B2SA.

Kepala NFA mengatakan upaya penganekaragaman pangan berbasis sumber daya lokal dipandang sangat penting menjadi strategi menjaga ketahanan pangan domestik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News