Kepolisian Australia Khawatir Demo Black Lives Matter Bikin Corona Makin Menggila

Kepolisian Australia Khawatir Demo Black Lives Matter Bikin Corona Makin Menggila
Unjuk rasa terkait kematian warga Amerika Serikat akan digelar di Australia dengan mengusung tema persamaan hak warga Aborigin. (ABC News)

Walau tidak akan menjatuhkan denda, polisi negara bagian Victoria, Australia, memperingatkan masyarakat yang berencana ikut demonstrasi Black Lives Matter di Melbourne hari Sabtu mendatang bisa menularkan virus corona.

  • Demo 'Black Lives Matter' akan digelar di sejumlah kota besar Australia
  • Kepolisian Victoria lebih setuju jika demonstrasi tidak dilakukan sekarang
  • Demo di Sydney dihadiri ratusan orang menuntut perlakuan yang lebih baik bagi warga Aborigin

 

Diperkirakan ribuan orang akan hadir dalam demonstrasi yang diselenggarakan oleh anggota komunitas Aborigin Victoria merespon kematian warga Afrika-Amerika George Floyd oleh seorang polisi di Amerika Serikat.

Dugaan pembunuhan ini telah menimbulkan amarah sebagian warga Amerika dan memancing sejumlah demonstrasi hingga berakhir dengan kerusuhan dan penjarahan, yang hingga saat ini telah menewaskan 13 orang.

Sebanyak 13.000 orang telah menytakan 'interested' atau tertarik untuk hadir di halaman Facebook acara tersebut.

Kepolisian Australia Khawatir Demo Black Lives Matter Bikin Corona Makin Menggila Photo: Poster unjuk rasa yang akan digelar di sejumlah kota besar di Australia. (Facebook, Warriors of the Aboriginal Resistance)

 

Rabu pagi (3/06), kepala negara bagian Victoria, Premier Daniel Andrews mengatakan pemberian denda atau penangkapan peserta demonstrasi karena dianggap melanggar aturan pembatasan aktivitas warga yang berlaku saat ini "tidak layak" diberlakuan, sesuai pernyataan Kepolisian Victoria.

Pernyataan tersebut dilontarkan setelah pihak kepolisian melihat jumlah peserta yang diperkirakan akan mencapai ribuan.

Walau tidak akan didenda, polisi negara bagian Victoria, Australia, memperingatkan masyarakat yang berencana ikut demonstrasi

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News