Hasil Survei Trust Indonesia

Kepuasan Publik Atas Kinerja Pemerintah Menurun, Begini Respons Pendukung Anies

Kepuasan Publik Atas Kinerja Pemerintah Menurun, Begini Respons Pendukung Anies
Direktur Eksekutif Trust Indonesia Azhari Ardinal (kedua kiri) saat memaparkan hasil Survei Nasional lembaganya tentang tren kepuasan publik menurun atas kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Foto: Dok. Trust Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Hasil Survei Nasional Trust Indonesia yang digelar pada 28 Januari–6 Februari 2023 menunjukkan tren kepuasan publik menurun atas kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Dalam statistik, hasil survei tersebut menunjukkan kepuasan publik berada pada level 62,5 persen, bergerak turun dari tingkat kepuasan tahun lalu yang berada di level 65,7 persen.

Tren menurun tersebut juga berlaku pada kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Pada hasil survei kali ini, kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi hanya sekitar 67 persen. Sementara Wapres Ma’ruf hanya mendapatkan angka kepuasan sekitar 51,3 persen.

“Secara umum, tingkat kepuasan publik atas kinerja pemerintahan memang menunjukkan penurunan. Tren penurunan tersebut juga terlihat pada persepsi publik atas kinerja Presiden Jokowi dan Wapres Kiai Ma’ruf,” kata Direktur Eksekutif Trust Indonesia Azhari Ardinal dalam keterangannya kepada awak media, Senin (20/3) sore.

Tren kepuasan publik yang menurun ini juga dipengaruhi oleh ketidakpuasan responden terhadap kinerja penegakan hukum dan kondisi ekonomi.

Pada poin penegakan hukum, penilaian buruk responden bahkan mencapai angka 51,2 persen. Angka tersebut jauh melampaui penilaian baik responden yang hanya berjumlah 37,7 persen.

Senada, publik juga menganggap kondisi ekonomi sedang tidak baik-baik saja.

Hasil survei Trust menunjukkan kepuasan publik berada pada level 62,5 persen, bergerak turun dari tingkat kepuasan tahun lalu berada di level 65,7 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News