Kerap Minum Kopi Bisa Menyebabkan Jerawat?

Kerap Minum Kopi Bisa Menyebabkan Jerawat?
Minum kopi. Foto: Gstockstudio/123rf

jpnn.com - Meski tidak berbahaya, kulit yang berjerawat bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Jerawat dapat terjadi pada siapa saja pada usia berapa pun walaupun lebih sering dialami pada masa pubertas.

Ada yang menyebutkan bahwa hobi minum kopi juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Faktanya pencetus jerawat bisa berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang berjerawat saat sedang haid, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau dipicu makanan tertentu mulai dari kacang hingga makanan laut. Selain makanan, minuman tertentu juga dianggap jadi pemicu jerawat, salah satunya adalah kopi.

Kopi dan jerawat

Kopi mengandung kadar kafein yang tinggi. Meski dapat membuat Anda menjadi terjaga dan lebih fokus, kafein juga dapat meningkatkan respons stres di dalam tubuh.

Terlebih lagi, jika Anda minum kopi dalam jumlah yang banyak. Stres sendiri tidak memicu jerawat, namun dapat memperparah kondisi jerawat.

Hormon stres atau secara medis disebut dengan hormon kortisol dapat meningkatkan produksi minyak melalui perangsangan kelenjar sebasea atau kelenjar minyak.

Selain itu, minum kopi dapat membuat tidur Anda juga menjadi lebih sedikit.

Efek kafein terhadap waktu tidur setiap orang pun dapat berbeda-beda. Jika Anda sensitif terhadap kafein, cobalah kurangi konsumsi kopi di sore atau malam hari.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News