Kopi Ternyata Tidak Buruk untuk Kesehatan Jantung

Kopi Ternyata Tidak Buruk untuk Kesehatan Jantung
Kopi. ILUSTRASI. Foto: Pixabay.com

jpnn.com - Jutaan orang memulai hari mereka dengan minum secangkir kopi, bukti bahwa minuman pahit dan hitam ini adalah salah satu minuman favorit. Sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa kopi ternyata tidak buruk untuk kesehatan jantung, bahkan jika Anda minum kopi 25 gelas sehari.

Peneliti dari British Heart Foundation menemukan bahwa kopi tidak menyebabkan arteri kaku atau mengeras, seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Pecandu kafein memiliki alasan yang baik untuk khawatir tentang kekakuan arteri, karena hal ini bisa menyebabkan serangan jantung atau strok.

BACA JUGA: Batasi Konsumsi Minuman Berkafein agar Tidak Memicu Migrain

"Terlepas dari popularitas kopi yang sangat besar di seluruh dunia, berbagai laporan bisa membuat orang tidak suka menikmatinya," kata Dr. Kenneth Fung, yang memimpin analisis data untuk penelitian di Queen Mary University of London, seperti dilansir laman Sheknows, baru-baru ini.

"Walaupun kami tidak bisa membuktikan hubungan sebab akibat dalam penelitian ini, penelitian kami menunjukkan bahwa kopi tidak berbahaya untuk arteri jantung Anda, seperti yang disarankan oleh penelitian sebelumnya," jelas Fung.

BACA JUGA: Kenali 8 Manfaat Meminum Kopi Dingin

Tetapi kabar baiknya tidak berakhir di situ. Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menemukan bahwa kopi sebenarnya memiliki manfaat kardiovaskular.

Menurut sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa kopi tidak buruk untuk kesehatan jantung, bahkan jika Anda minum kopi 25 gelas sehari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News