Keren! Belanja Cantik Tanpa Kantong Plastik

Keren! Belanja Cantik Tanpa Kantong Plastik
KLHK melakukan kampanye dan sosialisasi Pengurangan Penggunaan Tas Belanja dari Plastik. Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Sampah kantong plastik menjadi salah satu masalah utama di Indonesia. Setiap tahun, 9,8 miliar lembar kantong belanja plastik dihasilkan di ritel dan berakhir menjadi sampah plastik yang hanyut di sungai hingga ke laut dan menumpuk di TPA.

Mengatasi hal tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan kampanye dan sosialisasi “Pengurangan Penggunaan Tas Belanja dari Plastik”.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, M.R. Karliansyah beserta para pegawai secara langsung membagikan 2.000 tas belanja guna ulang kepada para pembeli di tiga lokasi pasar di Jakarta yaitu Pasar Santa, Pasar Tebet Barat, dan Pasar Jambul, Jumat (20/7).

Tas yang dibagikan kepada para pengunjung pasar berupa Tas Purun khas Kalimantan Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mereduksi penggunaan plastik sebagai tas belanja.

Karliansyah berharap masyarakat sadar bahwa sampah plastik itu dampaknya luar biasa, bukan hanya untuk generasi saat ini juga mendatang. Sekaligus mengajak masyarakat untuk menggunakan tas belanja yang dapat digunakan ulang sebagai upaya pengurangan sampah plastik.

“Kami berharap mulai hari ini yang berbelanja di pasar tradisional dan juga supermarket menggunakan tas yang bisa digunakan berulang-ulang, tidak sekali pakai. Jadi tidak mengganggu mereka berbelanja, tetapi dampaknya luar biasa terhadap lingkungan dan kesehatan,” ucap Karliansyah.

Keren! Belanja Cantik Tanpa Kantong Plastik

Para pembeli di ketiga pasar tersebut terlihat sangat antusias mengganti tas plastik belanja mereka dengan tas belanja guna ulang. Desain yang cantik juga menjadi daya tarik menggunakan tas purun ini. “Belanja tetap keren dan cantik tanpa menggunakan tas plastik,” komentar salah salah satu pengunjung pasar.

Tas yang dibagikan kepada para pengunjung pasar berupa Tas Purun khas Kalimantan Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News