Selasa, 18 Juni 2019 – 10:06 WIB

KEREN! Cara Ini Bisa Mengatasi Nyeri Punggung, Gratis

Kamis, 16 Maret 2017 – 11:48 WIB
KEREN! Cara Ini Bisa Mengatasi Nyeri Punggung, Gratis - JPNN.COM

Yoga. FOTO: Laman India Times

jpnn.com, JAKARTA - Sakit atau nyeri pada punggung bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Misalnya melakukan kegiatan dengan postur tubuh yang salah saat berdiri, duduk maupun tidur.

Daripada pergi ke dokter atau membeli obat-obatan yang menghabiskan biaya, Anda sebenarnya bisa meredakan sakit punggung dengan gerakan yoga saja loh.

Para peneliti telah menemukan bahwa pasien yang berlatih yoga selama tiga hingga enam bulan mungkin akan mengalami perbaikan dalam fungsi yang terkait dengan nyeri dan sakit punggung.

"Kami menemukan bahwa yoga telah dikaitkan dengan nyeri dan perbaikan dalam fungsi tubuh," kata penulis utama studi, Lisa Susan Wieland, seperti dilansir laman India Times, Rabu (15/3).

"Untuk beberapa pasien yang menderita nyeri punggung bawah non-spesifik kronis (chronic non-specific low back pain) yoga mungkin layak dipertimbangkan sebagai bentuk pengobatan," kata Wieland.

Wieland melihat 12 studi terpisah mengenai yoga dan kaitannya dengan nyeri punggung bawah.

Percobaan mencakup lebih dari 1.000 peserta kemudian membandingkan yoga dengan intervensi non-olahraga, seperti materi pendidikan yang diberikan kepada pasien atau intervensi latihan seperti terapi fisik.

Sebagian besar percobaan menggunakan praktek Iyengar, Hath atau Viniyoga.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar