Keren, Pelajar SMKN 5 Bojonegoro UKK Migas secara Langsung

Keren, Pelajar SMKN 5 Bojonegoro UKK Migas secara Langsung
Siswa SMKN 5 Bojonegoro mendapat pengarahan langsung dari staf JOB PPEJ. FOTO : JPNN

jpnn.com, BOJONEGORO - Menindaklanjuti kerjasama yang sudah disepakati sebelumnya, operator Minyak dan Gas Bumi (Migas) Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ) memfasilitasi kegiatan praktek Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dari pelajar SMK Negeri 5 Bojonegoro, Rabu (11/4).

Kegiatan UKK itu dilakukan di Control Processing Area (CPA) lapangan Mudi, Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Praktik uji kompetensi bagi para pelajar tersebut dilaksanakan setelah puluhan pelajar dari SMK Negeri 5 Bojonegoro itu mendapatkan pembekalan kemarin di Lapangan Sukowati, Bojonegoro kemarin.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian itu diikuti 56 pelajar jurusan Teknik Pemboran Minyak dan Gas (TPMG) yang baru akan lulus tahun ini. Pelaksanaan praktik lapangan itu dilaksanakan selama dua hari dengan dibagi menjadi dua gelombang. ”Setiap gelombang ada 28 peserta yang ikut uji," terang Akbar Pradima, Field Admin Superintendent (FAS) JOB PPEJ.

Puluhan pelajar mengikuti kegiatan UKK langsung terjun ke lapangan dengan berkeliling di lokasi area operasi JOB PPEJ. Mereka diberikan pembekalan terkait kegiatan operasi Migas dan menggunakan semua standar keselamatan kerja sebelum masuk ke lapangan. ”Kami sangat mendukung kegiatan pendidikan untuk mendukung kesiapan tenaga kerja di bidang Migas," tambahnya.

Ada beberapa materi yang menjadi penilaian dari pelaksanaan UKK. Di antaranya proses sistematika dan cara kerja, melakukan identifikasi drill pipe, pemeliharaan rotary, identifikasi bit, dan juga beberapa materi lain terkait dengan pengeboran minyak dan gas bumi itu. "Kami berharap kerjasama SMKN 5 dengan JOB PPEJ bisa berjalan lebih baik. Syukur keberadaan JOB PPEJ diperpanjang lagi tidak hanya 6 bulan. Karena kami sangat terbantu sekali dengan bantuan dari JOB PPEJ," ungkap Burhanuddin, Ketua Pelaksana UKK SMK Negeri 5 Bojonegoro. (JPNN/pda)


Ada beberapa materi yang menjadi penilaian dari pelaksanaan UKK. Di antaranya proses sistematika dan cara kerja, melakukan identifikasi drill pipe dan lain lain


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News