JOB PPEJ Gelar UKK Bidang Migas

JOB PPEJ Gelar UKK Bidang Migas
Suasana UKK bidang migas di SMKN 5 Bojonegoro. FOTO : JPNN

jpnn.com, BOJONEGORO - Operator minyak dan gas bumi (migas) Joint Operating Body Pertamina PetroChina East Java (JOB PPEJ) menjalin kerjasama dengan SMK Negeri 5 Bojonegoro untuk menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bidang Migas. Sebab, UKK ini merupakan syarat kelulusan bagi para siswa dan mengukur kemampuan secara akademik yang diperoleh selama pembelajaran materi di dalam kelas.

Field Admin Superintendent JOB PPEJ, Akbar Pradima mengatakan, sebagai operator migas di WK Blok Tuban lapangan Sukowati, pihaknya sangat mendukung proses pendidikan apalagi di bidang migas. UKK yang dilakukan langsung di tempat kerja ini diharapkan menambah keterampilan siswa.

Selain digunakan sebagai tempat untuk UKK, sebelumnya JOB PPEJ juga memberikan materi pengenalan proses eksplorasi migas dengan memberikan replika kepala bor. "Replika well head (kepala bor) itu sebagai alat bantu ajar," terangnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana UKK, SMK Negeri 5 Bojonegoro, Burhanuddin mengatakan, adanya kerjasama dengan pihak JOB PPEJ ini sangat membantu melengkapi kekurangan fasilitas di sekolah. Mengingat, SMK yang berada di Kecamatan Kapas itu baru akan meluluskan siswanya tahun ini.

Siswa yang akan mengikuti  UKK di CPA Blok Tuban sebanyak 56 siswa. Menurut Burhan, kerja sama antar sekolah dengan perusahaan migas ini sangat menguntungkan bagi siswa. Apalagi, rencananya SMK Negeri 5 Bojonegoro itu akan didaftarkan sebagai SMK Migas di Bojonegoro.

"Lebih diuntungkan karena selain mengenal alat pengeboran migas, mereka bisa langsung belajar di lapangan kerja," pungkasnya. (JPNN/pda)


UKK ini merupakan syarat kelulusan bagi para siswa dan mengukur kemampuan secara akademik yang diperoleh selama pembelajaran materi di dalam kelas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News