JPNN.com

Kereta Api Pintar Buatan Tiongkok Rambah Pasar Australia

Rabu, 04 Desember 2019 – 21:29 WIB Kereta Api Pintar Buatan Tiongkok Rambah Pasar Australia - JPNN.com
Para pengunjung berkonsultasi di stan China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) di pameran AusRail yang digelar di Sydney International Exhibition Centre di Sydney, Australia. Foto: Xinhua/Hao Yalin)

jpnn.com, SYDNEY - China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) memperkenalkan kereta metro terbarunya dalam pameran perkeretaapian terbesar di Australia yang dihelat di Sydney pada Selasa (3/12).

Kereta metro yang memiliki fitur sistem kendali pintar, konstruksi ringan dan sistem informasi penumpang terkemuka di dunia itu akan memberikan pelayanan yang aman, efisien dan ramah lingkungan.

Deputi Direktur Pusat Penelitian Rekayasa Angkutan Perkeretaapian CRRC Hong Haifeng mengatakan, kereta metro baru itu sepenuhnya dioperasikan secara otomatis, dan mampu menyalakan maupun mematikan mesin, mengendalikan pintu dan menangani situasi darurat secara mandiri.

Untuk memenuhi standar keamanan, kereta tersebut dilengkapi dengan sejumlah perangkat yang dapat mendeteksi hambatan dan kemungkinan anjlok. Perangkat-perangkat itu mengombinasikan radar laser dan pengenalan gambar video serta dapat mengaktifkan rem darurat dalam 50 milidetik setelah mendeteksi sebuah gangguan.

Kereta itu juga dilengkapi dengan layar OLED transparan beresolusi tinggi 55 inci, teknologi LI-FI (Light Fidelity) dan sistem ventilasi pintar yang dapat menyesuaikan kecepatan angin dan suhu berdasarkan jumlah penumpang secara otomatis, sehingga mampu menciptakan suasana nyaman dan tenang bagi para penumpang.

Dengan mengadopsi serat karbon dan logam campuran aluminium-magnesium, kereta itu berbobot lebih ringan dibandingkan dengan kereta metro biasa. Teknologi traksi magnet permanen serta panel surya atap yang baru juga membuat kereta tersebut lebih ramah lingkungan.

Hong mengatakan kepada Xinhua bahwa kereta metro baru tersebut merupakan sebuah produk yang berorientasi pada masa depan dan global, yang dapat memenuhi standar sejumlah negara dan kawasan yang berbeda.

CRRC juga mengambil referensi dari beberapa kereta lain miliknya yang beroperasi di Australia, khususnya di bidang dekorasi interior dan standar keamanan sehingga membuat kereta itu lebih cocok dengan pasar Australia.

Sumber Xinhua

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...