Kereta Tergelincir, 78 Orang Tewas

Kereta Tergelincir, 78 Orang Tewas
Seorang anak perempuan berhasil selamatkan petugas dalam kecelakaan kereta api di Madrid Rabu (24/7) FOTO: gettyimages

MADRID - Kecelakaan kereta terburuk di Eropa dalam tiga dekade terakhir terjadi di Spanyol, Rabu malam (24/7) waktu setempat atau Kamis dini hari (25/7). Kereta berkecepatan tinggi yang membawa sekitar 247 penumpang dalam delapan gerbong tergelincir di tengah perjalanan dari Stasiun Madrid menuju Ferro, kota di wilayah Galicia.

 

Kereta tersebut diduga keluar dari lintasan karena mengebut (overspeed) saat melewati tikungan tajam. Sampai berita ini diturunkan, 73 korban tewas seketika di lokasi kejadian. Lima lainnya meninggal di rumah sakit.

 

Kecelakaan tersebut merupakan yang paling mematikan sejak 1972. Waktu itu, sebuah KA bertabrakan dengan sebuah bus di selatan Spanyol. Insiden tersebut menewaskan 86 orang dan melukai 112 lainnya.

 

Menurut penuturan beberapa saksi, gerbong-gerbong kereta berputar arah. Bahkan, ada yang menimpa gerbong lain. Beberapa gerbong lain keluar jalur dan menabrak tembok pembatas di sisi luar lintasan. "Kejadiannya sangat cepat. Kereta terasa berputar dan saling bertabrakan," ungkap Ricardo Montesco, salah seorang penumpang, seperti dikutip situs Daily Mail.

 

MADRID - Kecelakaan kereta terburuk di Eropa dalam tiga dekade terakhir terjadi di Spanyol, Rabu malam (24/7) waktu setempat atau Kamis dini hari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News