Kerja Sama Forkopimda Sangat Penting Melewati Pandemi Covid-19

Kerja Sama Forkopimda Sangat Penting Melewati Pandemi Covid-19
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Litbang Kemendagri) Agus Fatoni dalam webinar Peran Pemerintah dan Institusi Politik dalam Penanganan Pandemi Covid-19 dan Dampak Sosial Ekonominya, Kamis (26/8). Litbang Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Balitbang Kemendagri) Agus Fatoni menyadari sejumlah pihak telah berupaya dalam penanganan pandemi Covid-19.

Dia menilai upaya itu juga sudah dilakukan pemerintah daerah, DPRD, dan jajaran Forkopimda. Fatoni bahkan mendorong masing-masing lembaga tersebut perlu terus melakukan berbagai langkah sesuai peranan dan kewenangannya.

“Dari sisi pemda, misalnya, dapat melaksanakan percepatan vaksinasi untuk menurunkan laju penularan Covid-19 dengan penguatan 3T (testing, tracing, dan treatment)," kata Fatoni dalam webinar Peran Pemerintah dan Institusi Politik dalam Penanganan Pandemi Covid-19 dan Dampak Sosial Ekonominya, Kamis (26/8).

Yang tidak kalah penting, katanya, melakukan pengetatan dan penegakan disiplin terhadap protokol kesehatan melalui penerapan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi, serta interaksi.

Menurut Fatoni, pemerintah daerah dan DPRD harus bekerja sama dengan Forkopimda. Pemda juga perlu segera mendistribusikan dan menggunakan stok vaksin yang telah dikirim pemerintah pusat.

Di sisi lain, pemda juga harus mempercepat proses penyaluran bantuan sosial serta jaring pengaman sosial yang bersumber dari APBD. Upaya tersebut bisa ditunjang dengan upaya sinkronisasi antara pusat dan daerah.

“Untuk mendukung penanganan pandemi Covid-19, pemda dapat berkoordinasi dan berkolaborasi dengan TNI, Polri, serta kejaksaan dalam pelaksanaan PPKM,” ujar Fatoni.

Sementara itu, DPRD dapat menjalankan peranannya sebagai lembaga representatif dalam mendukung implementasi kebijakan penanganan pandemi Covid-19. Dukungan tersebut dapat dilakukan sesuai fungsi DPRD dalam pengawasan, pembentukan Perda maupun fungsi anggaran.

Forkopimda, DPRD, dan institusi politik dinilai memiliki peran penting dalam penanganan pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News