Kerja Sama PT PAL & Naval Group Dinilai jadi Langkah Maju Pertahanan Indonesia

Kerja Sama PT PAL & Naval Group Dinilai jadi Langkah Maju Pertahanan Indonesia
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sat PT PAL Indonesia dan Naval Group menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan RI. Foto: dok Instagram PT PAL

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat pertahanan Khairul Fahmi memuji Menteri Pertahanan Prabowo Subianto setelah PT PAL Indonesia dan Naval Group menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan RI.

Adapun penandatanganan itu dipimpin oleh Prabowo Subianto, untuk dua kapal selam (kasel) Scorpene Evolved Full LiB. 

Menurut Fahmi, kerja sama antara kedua negara itu selain memberi manfaat langsung berupa penambahan kekuatan juga sebagai langkah maju dalam pembangunan pertahanan nasional, khususnya di sektor maritim. 

"Menurut saya adalah langkah maju dalam pembangunan pertahanan nasional khususnya di sektor maritim, terutama terkait penguasaan teknologi," kata Fahmi, Selasa (2/4). 

Fahmi mengatakan kesepakatan kerja sama itu akan meningkatkan kapabilitas dan peluang bisnis bagi industri pertahanan nasional.

Sebab, kerja sama meliputi skema alih teknologi, riset dan pengembangan maupun pembangunan kapal selam yang secara keseluruhan rencananya dilaksanakan dengan mengoptimalkan aset dan sumber daya PT PAL.

“Bahkan menurut saya, jika berjalan sesuai rencana, dampak kerja sama ini bisa jauh lebih besar dibanding kerja sama dengan mitra sebelumnya, yaitu DSME (Hanwha Ocean) Korea Selatan,” kata Fahmi lagi. 

Keunggulan Scorpene

Pengamat pertahanan Khairul Fahmi memuji Menteri Pertahanan Prabowo Subianto setelah PT PAL Indonesia dan Naval Group menandatangani kontrak kerja sama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News