Kerjasama Kepala Sekolah Indonesia Australia Semakin Meningkat

Kerjasama Kepala Sekolah Indonesia Australia Semakin Meningkat
Kerjasama Kepala Sekolah Indonesia Australia Semakin Meningkat

Kerjasama untuk meningkatkan kapasitas kepala sekolah dan pengawas sekolah Indonesia yang dilakukan oleh Monash University dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) semakin terjalin dengan beberapa kegiatan di kedua negara.

Salah satunya adalah kunjungan Profesor Allie Clemans dari Fakultas Pendidikan Monash University ke Jakarta tanggal 16 Novvember lalu untuk menjadi pemateri dalam simposium peningkatan kapasitas kepala sekolah dan pengawas sekolah di hotel Millenium Jakarta.

Pelatihan yang diikuti lebih dari 100 kepala sekolah berprestasi dari 34 provinsi di Indonesia bertujuan untuk mendiskusikan praktik baik dan tantangan mengenai kepemimpinan sekolah di Australia dan Indonesia.

Sebagai pembicara dari Australia, Allie menggunakan metafor ‘jembatan’ untuk mengajak kepala sekolah Indonesia memahami praktik baik dan tantangan menjadi kepala sekolah di Australia.

Dalam paparannya, Allie mengajak peserta untuk memahami lima elemen dasar kepemimpinan di sekolah yaitu memimpin pembelajaran dan pengajaran; mempimpin diri sendiri dan orang lain; mempimpin peningkatan dan inovasi sekolah; memimpin manajemen sekolah, melibatkan dan bekerja sama dengan komunitas.

Menurut Agus Mutohar seorang mahasiswa Phd asal Indonesia yang menjadi bagian dari tim pengembang kerjasama tersebut, kegiatan simposium ini merupakan tindak lanjut dari jalinan kerjasama antara Fakultas Pendidikan Monash University dan Kemdikbud yang telah mengirimkan 20 kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk mengikuti program pembelajaran professional di Melbourne dari 25 September-3 Oktober 2017.

"Selain mendapatkan materi dari para akademisi dan praktisi, kepala sekolah Indonesia tersebut mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke beberapa sekolah di Melbourne seperti Cauffield Grammar School, sekolah yang mengembangkan pembangunan wawasan global sebagai inti dari pembelajaran." kata Agus Mutohar kepada wartawan ABC Sastra Wijaya hari Selasa (21/11/2017).

Dalam kunjungan ini hadir juga Bambang Winarji, Direktur Pembinaan Tengara Pendidikan di Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah yang mengatakan pentingnya peningkatan kapasitas kepala sekolah di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News