Kesadaran Warga Berperan Besar Turunkan Kasus Aktif Covid-19 di DKI Jakarta

Kesadaran Warga Berperan Besar Turunkan Kasus Aktif Covid-19 di DKI Jakarta
Anggota DPD RI dari Provinsi DKI Jakarta Fahira Idris. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Data Satgas Penanganan Covid-19 mencatat Provinsi DKI Jakarta berhasil menurunkan kasus aktif Covid-19 hingga 90,18 persen dalam kurun waktu tiga pekan terakhir.

Sebelumnya, kasus aktif di DKI Jakarta meningkat 10 kali lipat hingga mencapai puncaknya pada 16 Juli 2021.

Selain berkat kolaborasi semua pemangku kepentingan, konsistensi peningkatan test-tracing-treatment (3T), percepatan vaksinasi, transparansi data, kesadaran warga Jakarta menjalankan protokol kesehatan dan aturan selama PPKM Level 4 berperan besar atas capaian baik ini.

Anggota DPD RI yang juga Senator DKI Jakarta Fahira Idris bersyukur selama penerapan PPKM Level 4 di Jakarta semua pemangku kepentingan dengan kapasitas dan tanggung jawabnya masing-masing saling berkolaborasi dan mengambil peran signifikan untuk mengendalikan laju penularan Covid-19 di Ibu Kota.

Menurut Fahira, pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjalankan dengan sangat baik tanggung jawabnya terutama menjaga konsistensi untuk terus meningkatkan 3T dan menyajikan data kasus Covid-19 secara transparan dan mudah diakses.

Kolaborasi antarpemangku kepentingan di Jakarta (TNI/Polri, dunia usaha, civil society, relawan) juga terjalin erat terutama dalam upaya percepatan vaksinasi (capaian vaksinasi di Jakarta sudah mencapai 95,2 persen dari sasaran target yang totalnya mencapai 8,9 juta orang).

Di sisi lain, kesadaran warga Jakarta mentaati berbagai aturan selama PPKM Level 4 termasuk kesadaran untuk mengikuti vaksinasi berperan besar menjadikan kasus di wilayah Jakarta turun signifikan. 

“Kesadaran warga berperan besar terjadi penurunan kasus aktif secara signifikan,” ujar Fahira di Jakarta, Sabtu (14/8).

Data Satgas Penanganan Covid-19 mencatat Provinsi DKI Jakarta berhasil menurunkan kasus aktif Covid-19 hingga 90,18 persen dalam kurun waktu tiga pekan terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News