Kesalahan Saat Diet yang Bikin Tubuh Lemah

Kesalahan Saat Diet yang Bikin Tubuh Lemah
Kesalahan Saat Diet yang Bikin Tubuh Lemah

jpnn.com - DIET yang baik seharusnya membuat seseorang lebih sehat, bugar dan produktif dalam bekerja. Bila kemudian menjadi lemas dan tidak bersemangat, maka ada sesuatu yang salah dalam dietnya. Apa saja kesalahan diet yang bikin lemas?

"Tubuh kita bergantung pada energi dan nutrisi yang kita dapat dari makanan tertentu. Jadi apapun yang kita makan, dan cara kita makan, bisa memperkuat maupun memperlemah kita," kata pakar nutrisi dari Friedman School of Nutrition, Jennifer Sacheck, Phd, seperti dilansir laman ABC News.

Berikut ini beberapa kesalahan saat diet yang melemahkan tubuh.

1. Terlalu lama tidak makan

Tiap kali menahan lapar lebih dari 2 jam, kadar gula darah akan drop dan menyebabkan rasa lemas. Bukan cuma otot yang melemah, otak pun melambat karena otak juga butuh energi untuk bisa bekerja. Bila sudah merasa lemas, lesu dan mudah tersinggung, tidak ada salahnya mengkonsumsi sesuatu seperti cemilan selama jumlah dan kandungan gulanya terkontrol.

2. Salah menu sarapan

Salah satu musuh utama saat diet adalah makanan bergula pada menu sarapan, seperti pancake, muffin dan sejenisnya. Tapi sarapan dengan menu yang terlalu berserat juga bikin lemas, karena diserap sangat lambat sementara tubuh butuh energi untuk beraktivitas. Para pakar diet menganjurkan untuk mengkombinasikan keduanya.

"Serat tertentu akan larut di saluran cerna dan membentuk filter untuk memperlambat penyerapan gula dan lemak," kata David Katz, MD dari Yale Prevention Research Center.

DIET yang baik seharusnya membuat seseorang lebih sehat, bugar dan produktif dalam bekerja. Bila kemudian menjadi lemas dan tidak bersemangat, maka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News