Kesatria Taeguk Mencari Ketenangan

Laporan Wartawan Jawa Pos Tatang Mahardika dari FOZ DO IGUAZU

Kesatria Taeguk Mencari Ketenangan
Kesatria Taeguk Mencari Ketenangan

jpnn.com - FOZ DO IGUAZU - Di Piala Dunia 2014 nanti, hampir bisa dipastikan yang akan banyak menyerbu Foz do Iguazu adalah turis dari Korea Selatan (Korsel). Sebab, di kota berpenduduk sekitar 255 ribu jiwa itulah tim kesayangan mereka bermarkas.

Persisnya di Bourbon Cataratas Convention and Resort Spa. Hotel berbintang 3,5 itu berada di Avenida Cataratas, jalan yang mengarah ke Taman Nasional Iguazu, satu di antara tujuh keajaiban dunia.

Korsel adalah satu-satunya tim yang bermarkas di Foz do Iguazu. Tidak jelas benar apa yang mendasari pilihan Kesatria Taeguk -julukan Korsel. Mungkin salah satunya adalah jadwal pertandingan yang dijalani tim besutan Hong Myung-bo tersebut.

Dalam tiga laga di fase grup H, Korsel akan bermain di Cuiaba (kontra Rusia), Porto Alegre (versus Aljazair), dan Sao Paulo (lawan Belgia). Foz do Iguazu boleh dibilang berada di tengah tiga kota tersebut. Dengan transportasi udara, ketiganya bisa dijangkau dalam waktu dua jam.

“Mungkin yang dicari tim Korsel di sini ketenangan agar bisa berkonsentrasi penuh saat berlatih,” ujar Emerson, pemandu di Taman Nasional Foz do Iguazu, yang lahir dan besar di kota tersebut.

Kalau benar itu yang dicari, Korsel memang akan mendapatkannya. Meski destinasi wisata populer, Foz do Iguazu adalah kota yang pada pukul 21.00 kawasan downtown-nya sudah sepi.

Hanya satu-dua restoran atau kafe yang masih buka. Sangat “dusun” apabila dibandingkan dengan gemerlap Sao Paulo, atau Rio de Janeiro. Kemungkinan itu terjadi karena tipikal turis yang datang di Foz do Iguazu adalah wisatawan keluarga yang tidak membutuhkan hiburan malam.

Apalagi, di Avenida Cataratas, hotel tim Korsel, yang berjarak sekitar 5,5 kilometer dari pusat kota. Yang dominan di sana adalah tempat penginapan dan hutan. Praktis lebih sepi ketimbang centro atau downtown.

FOZ DO IGUAZU - Di Piala Dunia 2014 nanti, hampir bisa dipastikan yang akan banyak menyerbu Foz do Iguazu adalah turis dari Korea Selatan (Korsel).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News