Kesehatan Jantung dan Ginjal Saling Berhubungan?

Kesehatan Jantung dan Ginjal Saling Berhubungan?
Ginjal. Foto: Ilustrasi Boldsky

jpnn.com - Sudah tahu kan kalau jantung adalah organ yang krusial? Sekalinya terkena gangguan, bisa memengaruhi kinerja organ lain, termasuk ginjal.

Hal itu senada dengan pandangan ahli nefrologi dan spesialis hipertensi dari Cleveland Clinic, Michael Lioudis, MD. Menurutnya, antara penyakit jantung dan ginjal memang saling berkaitan, meski letaknya tak berdekatan.

Bagaimana Hubungannya?

Jantung merupakan organ pemompa darah segar yang mengandung oksigen dan nutrisi. Berkat kinerjanya, seluruh organ dapat berfungsi dengan baik.

Sayangnya, jantung juga membutuhkan organ lain agar darah yang dialirkan ke seluruh tubuh tidak mengandung banyak racun dan air – dalam hal ini adalah organ ginjal.

Ginjal sendiri memiliki fungsi untuk menyaring darah dan menghilangkan limbah untuk dikeluarkan melalui urine. Organ ini mengatur elektrolit, bahan kimia penghasil listrik yang diperlukan untuk fungsi sel otot dan saraf.

Tak cuma itu, ginjal juga bisa menyeimbangkan kadar natrium dan cairan dalam tubuh, serta menghasilkan hormon yang mengontrol tekanan darah.

Tanpa kehadiran jantung, ginjal tentu tidak akan bisa berfungsi dengan baik alias kekurangan “bahan bakar” berupa darah beroksigen untuk melakukan fungsinya.

Antara penyakit jantung dan ginjal memang saling berkaitan, meski letaknya tak berdekatan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News