JPNN.com

Benarkah CrossFit Berbahaya Bagi Penderita Jantung?

Kamis, 20 Februari 2020 – 04:41 WIB Benarkah CrossFit Berbahaya Bagi Penderita Jantung? - JPNN.com

jpnn.com - CrossFit disebut-sebut menjadi penyebab serangan jantung yang menimpa Ashraf Sinclair suami Bunga Citra Lestari (BCL). Nah, bagaimana orang dengan masalah jantung, apa boleh ikutan olahraga ini?

Pasalnya, dalam beberapa kesempatan, mendiang Ashraf terpantau melakukan olahraga CrossFit secara rutin.

Meski begitu, sampai saat ini masih belum diketahui secara jelas apakah CrossFit bisa menyebabkan dan memengaruhi serangan jantung pada seseorang atau tidak.

Namun, satu hal yang pasti, CrossFit merupakan olahraga dengan intensitas tinggi. Jadi, olahraga ini memaksa jantung untuk bekerja sangat keras.

Apakah CrossFit Berbahaya Bagi Penderita Jantung?

Sudah jadi rahasia umum kalau penderita jantung tidak disarankan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Akan tetapi, apakah CrossFit memang berbahaya bagi penderita jantung?

Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, latihan intensitas tinggi seperti CrossFit memang tidak disarankan untuk penderita masalah jantung. Sebaiknya orang yang punya masalah pada jantungnya, pilih olahraga yang intensitasnya sedang.

"Buat orang yang punya penyakit jantung, latihan intensitas tinggi tidak disarankan. Ini karena olahraga intensitas tinggi, kan, cukup membakar kalori, di mana membuat detak jantung juga jadi lebih tinggi. Nah, itu bisa meningkatkan risiko plaknya lepas dan tiba-tiba jadi serangan jantung," kata dr. Devia.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...