Mengenal Crossfit, Olahraga yang Digemari Mendiang Ashraf Sinclair

Mengenal Crossfit, Olahraga yang Digemari Mendiang Ashraf Sinclair
Ilustrasi latihan CrossFit. Foto: Hello Sehat

jpnn.com, JAKARTA - Mendiang Ashraf Sinclair rupanya mengemari olahraga CrossFit semasa hidupnya. Malam sehari sebelum meninggal dunia, suami Bunga Citra Lestari (BCL) diketahui latihan CrossFit bersama pelatihnya, Oka Tripambudi.

Meski namanya masih terdengar asing, olahraga ini cukup populer di kota-kota besar. Dilansir dari Hello Sehat, CrossFit adalah berbagai gerakan fungsional yang dilakukan pada intensitas tinggi secara konstan.

Semua latihan CrossFit didasarkan pada gerakan fungsional, dan gerakan-gerakan ini mencerminkan aspek terbaik dari senam, angkat beban, berjalan, mendayung, dan masih banyak lagi, seperti yang dijelaskan pada website CrossFit.

Kegiatan ini dilakukan dengan memindahkan beban seberat mungkin dengan jarak sejauh mungkin. Jadi mereka ideal untuk memaksimalkan jumlah latihan yang dilakukan dalam waktu singkat. Semakin besar latihan atau pengeluaran daya, maka semakin intens usaha yang dilakukan. Dengan menggunakan pendekatan pada variasi latihan, gerakan fungsional, dan intensitas, maka latihan ini membuat keuntungan yang sangat besar dalam kebugaran.

CrossFit didirikan oleh Greg Glassman. Mantan atlet senam yang juga personal trainer ini mendirikan CrossFit pertama kali di Santa Cruz, California pada 1995. Di era 1990-an, program yang dibikin Grassman dipakai untuk melatih para polisi di Santa Cruz. Tidak heran bila gaya latihannya hingga saat ini mirip-mirip militer.

Benarkah rawan cedera?

Olahraga ini tentu saja sangat tergantung kondisi individual. Beberapa kritik memang menyebut adanya risiko cedera yang tinggi, mengingat ada banyak gerakan dan program yang terhitung ekstrem. Namun dalam praktiknya, seorang instruktur CrossFit selalu menawarkan regresi atau versi yang lebih mudah sesuai kemampuan.(jpnn/hello sehat)

VIDEO: Ashraf Sinclair Sempat Minta Mie Instan ke BCL Sebelum Meninggal

Mendiang aktor Ashraf Sinclair rupanya mengemari olahraga CrossFit semasa hidupnya.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News